Minggu, 12 Agustus 2012

Ajari Si Kecil Mengelola Uang Sejak Dini

mengelola keuangan untuk si kecil bisa diterapkan pada anak.
Lutfi Dwi Puji Astuti, Stella Maris
Senin, 13 Agustus 2012, 06:11 WIB
Ajarkan Anak Menabung (doc Corbis)

Ajarkan Anak Menabung (doc Corbis)

VIVAlife- Tak lama lagi, Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah menjadi tradisi di Indonesia, saat hari kemenangan tersebut sejumlah anak-anak mendapat kesenangan memperoleh angpao dari sanak famili. Hal ini, tentu saja tepat rasanya, jika dijadikan momen paling berharga untuk para orangtua, mengajarkan si kecil, bagaimana cara mengelola uang.

Rejeki yang mereka peroleh dari sejumlah angpao yang didapatnya, tentu bisa dikelola agar bisa dimanfaatkan dengan baik. Bagaimana caranya, simak tips berikut seperti dikutip laman Times of India.

1. Ajarkan anak tentang anggaran
Sebagai orangtua, Anda pasti sudah terbiasa dengan hal terkait pengaturan anggaran. Oleh karena itu ajarkan pula anak-anak Anda mengenai hal yang sama. Bantu jelaskan seberapa penting peran anggaran dalam kehidupan mereka.

Cara yang paling mudah dengan menggunakan uang saku harian mereka, atau saat Lebaran nanti, uang yang mereka peroleh dari sejumlah angpao juga bisa dimanfaatkan. Dari uang tersebut, bantu mereka untuk menyisihkan sebagian uangnya  untuk disimpan atau ditabung. Kenalkan pula padanya, soal kebiasaan buruk yang harus dihindari yakni soal hutang.

2. Belajar untuk mengatakan tidak
Orangtua memang selalu berkorban untuk anak-anaknya. Tapi bukan berarti, tuntutan anak harus dikabulkan bukan? Jangan khawatir, hal ini tidak akan membuat anak benci pada Anda. Kelak saat mereka mengerti apa yang Anda ajarkan akan berguna bagi mereka, tentu Anda akan mendapat pujian.

Semua kebutuhan anak yang sudah masuk dalam list anggaran Anda, sebisa mungkin dipertahankan. Ketika anak meminta sesuatu yang tidak ada dalam anggaran, maka katakan kepada mereka untuk menahan diri.

3. Ajarkan anak tentang 'pelajaran sehari'
Menghabiskan uang hanya dalam waktu sehari, ini adalah pemborosan dan kebiasaan yang buruk. Saat Anda sedang mengajarkan si kecil, cobalah gunakan kesempatan yang baik ini untuk membuat pilihan cerdas saat berbelanja. Selain menyisihkan uang untuk ditabung, Anda juga dapat membantu mereka memberikan prioritas pilihan, barang apa yang harus dibeli sesuai prioritas kebutuhan.

4. Memberi contoh lewat diri sendiri
Anak selalu berlaku sesuai apa yang dilihatnya. Lingkungan terdekatnya adalah keluarga, yaitu orangtua. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga ikut mempraktekkan apa yang Anda ajarkan kepada mereka.

Melihat Anda melakukan salah satu pelajaran terbaiknya, dengan begitu mereka juga akan mengikutinya, Hati-hati,anak-anak secara sadar akan mengikuti segala tingkah laku dan perilaku Anda. Jadi, jika Anda sebagai orangtua sering sekali boros dengan banyak jajan, sebaiknya hal itu dikendilan saat berada di dekat anak. (eh)

0 comments:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com