Senin, 13 Agustus 2012

Menhub: Mudik Gratis Bagi Pengemudi Motor

Pemerintah menyiapkan truk dan bus gratis bagi pemudik sepeda motor.

Senin, 13 Agustus 2012, 16:00 Ita Lismawati F. Malau, Suryanta Bakti Susila
Pemerintah mengimbau pemudik tidak gunakan sepeda motor untuk mudikPemerintah mengimbau pemudik tidak gunakan sepeda motor untuk mudik  
VIVAnews - Pemudik sepeda motor menempati posisi teratas angka kecelakaan selama perjalanan mudik tahun lalu. Mengantisipasi itu, Pemerintah mengimbau pemudik motor menggunakan moda transportasi lain seperti bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang.

Pemerintah pun menyiapkan truk dan bus gratis bagi pemudik sepeda motor agar mengalihkan moda transportasi mereka. "Tercatat sekitar 6 ribu lebih sepeda motor yang dinaikkan ke truk, pemiliknya naik bus. Ini masih berkembang terus karena ini gratis," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Kantor Presiden, Senin 13 Agustus 2012.

Menurutnya, dua kapal Pelni dan kapal dari TNI AL juga disiapkan untuk mengangkut pemudik dan sepeda motornya secara cuma-cuma. "Karena gratis, mudik jangan pakai motor karena hindari kecelakaan," kata Mangindaan.

Namun demikian, kata Mangindaan, apa yang disediakan pihaknya itu belum mencukupi. Sebab itu, dia mengimbau pihak lain seperti bank dan perusahaan turut berpartisipasi.

Seiring itu, angkutan kereta api dan pesawat, akan ditambah karena lonjakan penumpang. Pengguna kereta api naik sekitar 16,2 persen. "Regular 198 menjadi 216 perjalanan perhari regular. Itu bukan untuk lebaran. Untuk lebaran ditambah 26 KA perjalanan. Sekarang 46 KA yang ditambah untuk antisipasi lonjakan penumpang," katanya.

Dia memprediksi, lonjakan tertinggi bakal terjadi pada H-3 lebaran. Pada saat lonjakan itu, transportasi laut dan udara dinaikkan 10 persen. Pesawat tambahan telah disiagakan di Bandara Soekarno-Hatta. "Kenaikan sudah diantisipasi 7 airline untuk kesiapan seat untuk pengingkatan pemudik di sekitar udara. Semua yang dilaporkan, terpantau di posko kementerian perhub di lantai 25. Kita pantau dari CCTV bila terjadi sesuatu." (eh)

0 comments:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com